Presentation

Presentasi yang efektif dan shot to the heart secara visual dapat memberikan impact yang besar terhadap keseluruhan esensinya. Bagaimanapun, sebuah presentasi yang bernilai akan lebih kompleks dibandingkan dengan presentasi yang hanya berupa lembaran slide-slide di dalamnya.

BeonBe telah mendesain berbagai presentasi secara profesional terhitung sekitar enam tahun. Pada masa-masa itu membuat kami paham bahwa kebutuhan jasa presentation design semakin meningkat. Karena sebuah materi presentasi yang great dapat memenangkan objektif Anda; meyakinkan klien untuk bekerja sama, membantu meningkatkan karir atau meng-capture sisi heart and mind audiens Anda.

Satu hal yang masih menjadi kendala bagi sebagian besar presenter adalah kurangnya waktu untuk menyelesaikan presentasinya dengan baik. Waktu merupakan faktor yang paling krusial bagi setiap presenter, trainer atau instruktur untuk dapat menulis dan mempersiapkan script, termasuk untuk membuat presentation visuals guna mendukung tampilan dan esensinya.

Mengapa Perlu Designer?

designerApakah Anda sedang menghadapi waktu presentasi yang semakin dekat – suatu presentasi yang menentukan karir Anda di masa depan? Atau Anda ingin mengatasi permasalahan konten dan layout presentasi Anda saat ini?
Jika demikian berarti Anda membutuhkan seorang ahli dalam mendesain baik konten ataupun layout presentasi yang terpersonalisasi secara khusus untuk Anda. Di BeonBe, salah satu misi desain kami dalam presentation design adalah to extend presenters’ power. Desain adalah passion kami, business content adalah precious experience kami. Dengan itu kami dapat membantu para klien – baik lokal, nasional ataupun global – untuk men-deliver presentasi yang memukau dan efektif. Di sini BeonBe tidak hanya menyentuh sisi graphic design, tetapi juga bekerja menyusun konten presentasi sesuai subjek dan objektif yang Anda butuhkan.

Apa yang Dilakukan Designer?

designdoSeorang presentation designer yang profesional dan kompeten akan memberikan waktunya untuk Anda. Kita tahu bahwa konten sekaligus layout untuk satu subjek presentasi sangat menyita waktu, khususnya jika Anda ingin mendapatkan ‘wow effect’ dari audiens dan menginginkan impresi yang bertahan lama. Banyak presenter dan/atau trainer meminta kami untuk meringankan beban dan tekanan yang dimilikinya ketika menghadapi jadwal presentasi yang semakin dekat. Dengan begitu mereka dapat lebih relax dan menggunakan waktu yang ada untuk berfokus pada persiapan ide-ide yang nantinya akan didiskusikan.

“There’s Always a Reason for Something” – Ada beberapa alasan yang mendasar mengapa desain Anda perlu sentuhan designer yang profesional:

Good Design is Good Business – Desain yang baik adalah bisnis yang baik

goddbusinessSetiap aspek yang dicakup oleh presentasi Anda sangat esensial guna mendukung keberhasilan sebagai seorang presenter, trainer atau instruktur. Tetapi hal yang paling krusial adalah desain slide Anda. Sisi estetika layout dan esensi presentasi Anda akan memiliki dampak krusial terhadap keberhasilan kesepakatan dengan klien, memenangkan klien baru serta menjadi tolok ukur untuk melihat kemungkinan keberhasilan ataupun kegagalan Anda dalam mempengaruhi audiens. Seperti sering di sebutkan di berbagai media bahwa “selalu ada power dalam setiap desain”. Sehingga dapat kita ambil kesimpulan bahwa: [1] Good design akan mendorong hasrat dan keinginan atas produk/jasa yang Anda tawarkan, [2] Investasi Anda dalam good design akan sangat profitable (menguntungkan), [3] Seperti kita ketahui bahwa perusahaan-perusahan top selalu mengandalkan desain dan mengeluarkan dana investasi sangat besar untuk hal ini.

One Size Does Not Fit All – Satu ukuran tidak akan cocok untuk semua

sizeUntuk membangun presentasi yang terpersonalisasi dan sekaligus profesional – tidak akan cukup hanya dengan mengandalkan template bawaan PowerPoint, Keynote atau Prezi. Juga dari sisi estetika jika Anda menggunakan template yang sama untuk semua subjek presentasi membuat style-nya terlihat ‘jadul’. Bahkan dapat mengurangi perhatian audiens Anda karena disuguhkan dengan tampilan yang monoton dan terus berulang. Saat ini trend desain terus berubah secara konstan. Tentunya seorang presenter, trainer atau instruktur perlu mengkomunikasikan design style yang dapat menarik perhatian dan mendorong keterlibatan audiens. Juga harus menghindari persepsi sebagai follower karena menggunakan template yang sudah banyak dikenal. Kecuali jika Anda berkeinginan dan memiliki cukup waktu untuk belajar, melakukan research dan secara personal ingin mendesain sendiri secara kreatif – juga akan ada benefit tersendiri jika Anda mendesain sendiri presentasi dengan konten profesional sekaligus desain yang state-of-art dan catchy. Tetapi jika Anda menganggap akan sangat menguras waktu, energi dan perjuangan untuk itu – maka Anda perlu seorang ahli yang memiliki kombinasi antara kapabilitas dan kapasitas untuk mendesain presentasi Anda, seorang desainer profesional baik dari segi desain ataupun konten.

Meng-elevasi Pesan Anda Kepada Audiens

elevateApa yang Anda sampaikan kepada audiens dan bagaimana Anda menyampaikannya akan sangat didukung oleh layout yang Anda tampilkan. Secara alamiah, manusia lebih banyak belajar dan mengambil kesan terhadap apa yang ia lihat dikombinasikan dengan apa yang ia rasa dan dengar.  Pilihan warna yang Anda pilih, bahkan komposisi typography dan gambar-gambar akan membantu Anda membangun merek pribadi ataupun menyampaikan secara efektif ide apa yang Anda sampaikan. Sesuai pengalaman penulis selama beberapa tahun sebagai trainer dan instruktur; kemampuan Anda mengkomunikasikan pesan akan secara signifikan ditingkatkan oleh visual presentasi dengan desain yang baik. Sehingga, ketika mendesain presentasi untuk klien, BeonBe selalu mengikuti standarisasi desain secara scientific guna membangun slide yang lebih memorable.

audiensget

Tahukah Anda bahwa gambar visual yang dikombinasikankan dengan sedikit teks mempengaruhi kapasitas informasi yang diperoleh audiens? Rasio meningkat dari 10% (hanya teks) ke 65% ketika Anda menggunakan kombinasi gambar dan teks.

Menyampaikan Pesan Anda Kepada Audiens

speakSeperti diketahui bahwa ada sebagian individu yang merasa kesulitan untuk menyampaikan sesuatu yang sebenarnya sangat ia ketahui, terlebih jika harus menyampaikannya menggunakan presentasi visual. Sebagian lagi kurang percaya diri dengan penggunaan software. Pada kenyataannya, begitu banyak cara untuk membantu mereka untuk dapat mengekspresikan ide yang dimilikinya. Sebelum memulai proses desain, biasanya BeonBe meminta klien untuk memberikan informasi dan story, hal ini memungkinkan kami untuk memberikan informasi apa yang penting dan apa yang strategis untuk audiens-nya. Pada tahapan selanjutnya, BeonBe akan menyisipkan ide-ide yang didapat ke catatan khusus sehingga dapat merencanakan slide yang saling berhubungan satu sama lainnya. Setelah kami mendapatkan sketsa susunan dan mendapati apa key points dan ide yang harus disertakan, maka kami dapat memformulasikan layout kasar tadi ke esensi desain presentasi. Karena kami percaya bahwa sebenarnya selalu ada kemampuan untuk menyampaikan cerita di setiap diri individu; terkadang seseorang butuh dorongan untuk dapat menyampaikannya secara tepat dan lebih efektif.

Selalu Ada Science dalam Komposisi Presentasi yang Baik

scienceAnda tahu bahwa kombinasi antara kemampuan kreatif dan kemampuan desain tidak dapat dipelajari dalam waktu hanya satu malam; semua membutuhkan proses panjang dan bertahap. Bahkan harus mengorbankan waktu, energi dan peralatan yang digunakan. Selalu ada sains dalam setiap desain yang baik, dan untuk dapat menjadi seorang presenter, trainer atau instruktur yang baik membutuhkan waktu dan jam yang tak terhitung dalam hal pembelajaran dan research. Sehingga desain dapat bekerja sesuai objektifnya. Selalu ada kombinasi beberapa bidang ilmu, seni, personalitas dan kapasitas untuk membangun desain yang esensial. Desainer yang profesional memahami bahwa tidak hanya memerlukan kemampuan membangun desain yang efektif, tetapi juga bagaimana good design tersebut bekerja sesuai fungsinya. Salah satu diantaranya, misalnya pengetahuan bagaimana suatu warna mempengaruhi perilaku dan keputusan seseorang. Mungkin kita tahu konsepnya di permukaan, tetapi kita tidak memahami bagaimana me-leverage konten dari power of color tersebut dalam membangun presentasi yang memiliki dampak secara ekslusif. Terkadang, perlu bagi seorang desainer untuk mendalami suatu atau kombinasi beberapa bidang ilmu. Salah satunya psikologi warna. Desainer profesional perlu memahami warna apa yang esensial untuk subjek dan objek presentasi Anda, sehingga demikianlah mengapa layanan mereka begitu valuable.

Presentasi Membutuhkan Waktu

timeJika Anda membangun presentasi sendiri, mempelajari science desain presentasi hanyalah satu dari tugas yang membutuhkan investasi Anda dalam hal waktu. Ketika membangun presentasi Anda perlu menginvestasikan jam, hari bahkan minggu untuk mendesain, meng-edit dan men-tweak slide Anda. Membangun presentasi yang profesional sangat memakan waktu karena selain mengembangkan konten Anda juga perlu mendesain elemen dan komponennya. Sebagai contoh, kita asumsikan Anda telah menyelesaikan draft konten presentasi. Kemudian Anda perlu mentransformasi ide ke outline slide. Seperti Anda mahfum bahwa mengkomunikasikan ide dalam media presentasi sangat berbeda dibandingkan jika Anda mengkomunikasikan ide ke dalam teks paragraf, artikel atau percakapan langsung. Membangun presentasi membutuhkan daya pikir yang signifikan termasuk upaya menyelesaikan detailnya satu per satu. Setelah membuat outline, Anda perlu melanjutkan pembuatan mood board guna memastikan slide Anda memiliki style yang kohesif. Disini Anda perlu memilih style secara kesluruhan yang mencakup pilihan font, tema, skema warna dan ikon-ikon untuk merepresentasikan setiap ide. Kemudian mood board tadi dikembangkan lagi menjadi storyboard sehingga Anda membutuhkan roadmap sebagai panduan ketika menyusun ide ke dalam slide. Mood board dan stroyboard masih merupakan bagian awal proses, karena Anda harus mendesain keseluruhan layout. Misalnya ketika membangun silde untuk presentasi tentang Crane Operations, Anda perlu memilih dan menyesuaikan gambar-gambar yang tepat untuk masing-masing subjek dan sub-subjek. Dengan begitu banyaknya opsi yang tersedia, Anda perlu memilih mana yang paling esensial – membutuhkan waktu yang hingga ber jam-jam.

Presentation Designer Harus Memahami Goal Bisnis Anda

goalDesainer yang akan membangun presentasi Anda harus mengetahui tujuan akhir dari slide presentasi tersebut. Informasi ini didapat dengan mengetahui basis audiens, konten materi, target yang ingin dicapai, esensi jangka panjang dan lain sebagainya. Termasuk apa outcome-nya, sebagai contoh: [a] Persepsi apa yang ingin Anda bangun kepada audiens, [b] Apa key takeways dari presentasi itu, [c] Apa yang Anda inginkan agar dilakukan audiens setelah prsentasi, dan lain sebagainya. Hasil akhir merupakan nilai-nilai yang membentuk bagaimana tahapan proses dijalankan sejak awal memulai hingga finishing.

Desainer Perlu Menyesuaikan dengan Tools Anda

softwareTerkadang sebagai presentation designer, ada kalanya BeonBe menghadapi klien yang tidak menggunakan PowerPoint karena, misalnya mendapati kurangnya fitur yang dimiliki aplikasi tersebut. Sehingga lebih memilih Apple Keynote, Prezi atau lainnya. Atau Sebaliknya hanya menggunakan PowerPoint. Dari beberapa tahun pengalaman ini, BeonBe mendapati jumlah pengguna masing-masing software atau tools untuk presentasi sangat berbeda dalam hal kuantitas. Ini berarti bahwa desainer perlu meningkatkan level-nya sehingga dapat menjustifikasi aplikasi yang digunakan serta mampu memberikan layanan yang lebih baik, dapat megadopsi jenis software apapun yang dibutuhkan klien. Komparasi kuantitas jumlah pengguna dapat digambarkan dalam grafik berikut:

slidetools

author1  By Baginda Tobing
  BeonBe Creative Director/Lead Designer